Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Christyn Feltcraft, Mekar Bisnis Bunga Flanel di Kota Karang

(Kristin dan bunga flanelnya)

Kota Kupang saat ini terus bertumbuh dengan aneka usaha di bidang ekonomi kreatif. Berwirausaha bunga flanel pun menjadi salah satu bidang yang turut subur di Kota Karang ini. Sebagaimana telah ditunjukkan oleh Maria Kristina Bangko, owner usaha bunga flanel Kupang bernama Christyn Feltcraft.


Wirausahawan milenial yang akrab disapa Kristin ini mulai merintis bisnis bunga flanel sejak tahun 2018. Kala itu ia masih berstatus mahasiswa di jurusan farmasi Poltekes Kemenkes Kupang. 

 

Mulanya ia belum tahu tentang bunga flanel. Barulah sewaktu berkunjung ke kampung halaman di Kefamenanu, seorang kerabat mengenalkannya pada bunga flanel. Sekembalinya ke Kupang, ia diberi banyak bahan dasar untuk pembuatan bunga tersebut. 


“Semasa awal belajar merangkai bunga tangan saya amat kaku. Buat satu buket saja bisa sampai dua jam” tutur alumni SMAN 4 Kupang ini.


Kristin mengaku sempat ada rasa minder karena merasa karya tangannya kurang rapi dan bagus. Namun, ia tidak pantang menyerah. Ia terus belajar secara otodidak lewat internet.







Alhasil, ketika produknya dijual ia pun mendapat respon bagus dari teman-teman di kampus. “Puji Tuhan karya saya disambut baik walau masih pakai bahan seadanya” ungkapnya. 


Bak gayung bersambut, ia pun mulai menerima pesanan bunga karena banyak kakak kelas yang wisuda waktu itu. Teman-temannya juga mulai memesan kreasi baru. Ia pun merasa tertantang untuk mencoba kreasi kreatif yang lain. 


Kristin juga terkenang suatu momen berkesan di awal menjalankan usaha ini. Momen ketika ia dipercayakan untuk membuat lima belas selempang sebagai cinderamata pada acara malam perpisahan di kampus. 


“Momen ini jadi motivasi bagi saya mengembangkan usaha Christyn Feltcraft agar bisa dan terus mekar di tengah Kota Karang” cetusnya. 






Pengalaman tersebut menjadi bekal baginya untuk terus semangat berwirausaha bunga flanel. Meskipun ia sudah bekerja sebagai seorang asisten apoteker di salah satu rumah sakit swasta di Kota Kupang. Ia tidak kesulitan membagi waktu untuk terus mengelola usaha sampingannya ini. Bila ada waktu senggang ia terbiasa membuat stock bunga sebagai persediaan sebelum dipesan. Terkadang ada pula tetangganya di rumah yang menawarkan diri untuk membantunya sekaligus belajar merangkai flanel darinya. 


Menurutnya  bisnis bunga flanel juga punya peluang besar di Kota Karang. Selain karena diminati oleh banyak konsumen, tetapi juga bahan dasarnya mudah didapat di banyak toko di Kupang. Ia juga menyarankan jika ingin belajar merangkai bunga flanel bisa melihat tutorialnya di Youtube





Tidak hanya buket bunga ia juga memiliki beragam produk lainnya seperti; selempang wisuda, acrylic lamp, box flower, bingkai foto kreatif, bridal flower, snack bouquet, dan sebagainya. Aneka produk ini bisa dilihat pada akun bisnisnya @christyn_feltcraft 
di Instagram.


Sejauh ini ia telah menerima pesanan dari pelanggan dari area Kota Kupang dan sekitarnya. Ia juga melayani pra pemesanan produk untuk 1-3 hari. Pemesanannya pun dapat dilakukan melalui nomor kontak/WA: 082266359318.


Pada penghujung kisah tentang usahanya, ia berkata bahwa ini ia amat terinspirasi dari Toko Fleurify. Sebuah  toko bunga flanel di Jogjakarta yang telah memiliki homestudio. 


“Saya juga bermimpi kelak bisa punya toko bunga sendiri. Supaya ada galeri untuk memajang bunga flanel, sekaligus tempat workshop bagi  yang juga punya passion di bidang ini” pungkasnya. (Yose Bataona)



Baca juga tulisan serupa:

Jaya Baru Etnik NTT, Toko Cinderamata Andalan Kota Maumere

Melawan Korona dengan Buku Bersampul Anyaman Koran

Cerita Bakso Mercun Mama Eta





yosebataona
yosebataona Hai, Sobat! Saya Yose dari Flores.Di blog ini saya menulis artikel travelling, opini, dan karya sastra. Selamat membaca.

18 comments for "Christyn Feltcraft, Mekar Bisnis Bunga Flanel di Kota Karang"

  1. Mantap ganteng.. semangat....semangat

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak kakaπŸ™πŸ˜‡ Tuhan Berkati segala Usaha Dan karya kaka kedepannyaπŸ˜‡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga juga Christyn Feltcraft makin mekar di Kota Karang.

      Delete
  3. Mntap.... Semga usahanya semkin berkembang dan sukses... Dan bisa mnginspirasi banyak orang.... πŸ™πŸ˜‡πŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga kaka. Mari berbagi inspirasi.

      Delete
  4. Mantap...semoga usahanya berkembang terus dan mimpinya bisa terwujud yah..

    ReplyDelete
  5. Luar biasa syg..harga krmna ne???��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaka, bisa langsung kontak no WA di atas, atau cek di IG @christyn_feltcraft.

      Delete
  6. Waooww amazing... Ttap smngat cantikk.... Sukses dan cpt berkembang ushanya.... Amin..πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  7. Luar biasa KK Kristin.
    Tetap semangat. Semoga apa yang diharapkan bisa tercapai

    ReplyDelete
  8. Wow Luar biasa kaka istin,
    Semangat trus kk😊πŸ’ͺπŸ’ͺ

    ReplyDelete
  9. Mekar terus di mana-mana Kk Ose dan Christyn Feltcraft.

    ReplyDelete
  10. Yang ini Kristin dan bunga flanelnya. Kami tunggu kk Ose dan Lomblennya πŸ™‚πŸ™‚

    ReplyDelete