Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lepo Lorun Rumah Edukasi Tenun Flores

Lepo Lorun merupakan sebuah sanggar tenun ikat yang terletak di Desa Nita. Sekitar 20-an menit berkendara dari Maumere, Sikka Flores. 

Sanggar ini dapat menjadi tempat kita belajar tentang proses menenun secara tradisional dengan memakai bahan-bahan alami.

Secara garis besar proses tersebut dimulai dari memilah kapas, memintal menjadi benang, membuat ikatan motif, mewarnai benang, sampai dengan menenun. 

Meski nampaknya sederhana, sesungguhnya menenun butuh waktu yang cukup lama bahkan bisa sampai tiga bulan untuk menciptakan sehelai kain tenun. 

“Dari proses kita belajar untuk sabar dan tekun demi tenun bermutu tinggi” ungkap Mama Kompi salah seorang penenun di Lepo Lorun. 

Tempat ini dibuka setiap hari. Pada akhir pekan atau hari libur lebih banyak wisatawan yang berkunjung. Tak sebatas untuk belajar seluk-beluk dunia tenun, tetapi juga untuk berfoto di Lepo Lorun yang memiliki segudang spot foto yang menarik. 

“Di Lepo Lorun saya belajar banyak hal baru tentang tenun. Semoga makin banyak kaum muda yang berkunjung dan belajar di sini” ungkap Bersa Marselin salah seorang pengunjung. 




Baca juga:

Eden Di Ende Bernama Ekoa'e

Kisah Perjalanan di Tanah Bajawa



yosebataona
yosebataona Hai, Sobat! Saya Yose dari Flores.Di blog ini saya menulis artikel travelling, opini, dan karya sastra. Selamat membaca.

2 comments for "Lepo Lorun Rumah Edukasi Tenun Flores"

  1. Lepo lorun ... ntar aku kunjung ke sana mau aku belajar tenun...

    ReplyDelete