Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Galeri eZtenun, Outlet Tenun Khas Anak Muda di Jalan Soverdi Kupang

Galeri eZtenun Kupang
Galeri eZtenun Kupang
Tak dipungkiri bahwa masih banyak kaum muda yang menganggap kain tenun sudah ketinggalan zaman alias jadul. Padahal kain tenun ikat adalah warisan luhur dan khas Nusa Tenggara Timur. 

Nah, bagaimana cara menarik minat anak muda lokal untuk akrab dan cinta dengan kain tenun daerah sendiri? Demi menjawab pertanyaan inilah, Galeri eZtenun hadir di Kota Kupang. 


"Kami menghadirkan busana berbahan tenun dengan desain kreatif sesuai selera anak muda" ungkap Stefani Fernandez owner Galeri eZtenun. 


Anak muda sekarang suka busana yang stylish sekaligus simple. Problemnya, busana berbahan tenun sering kurang sentuhan kreasi. Kain tenun yang notabene elok dipandang, sering kurang nyaman saat dikenakan dalam bentuk busana pakaian. 


Galeri eZtenun Kupang

Galeri eZtenun Kupang

Galeri eZtenun Kupang

Galeri eZtenun Kupang

Galeri eZtenun pun berkreasi menciptakan produk fashion tenun yang kekinian. Ada beragam jenis busana berbahan tenun yang dieksplorasi. Sebut saja diantaranya seperti, outer, topi, rompi, syal, dan sejenisnya. Dengan begitu, produk olahan berbahan tenun pun jadi andalan dalam keseharian anak muda. 

Galeri Kain Tenun NTT di Jalan Soverdi

Galeri eZtenun beralamat di Jalan Soverdi Kupang. Letaknya di sebelah SD GMIT Oebufu. Galeri eZtenun mulai eksis di Jalan Soverdi sejak akhir Januari. Namun, sudah beroperasi dari April 2022 di TDM II.


Waktu itu masih berkonsep home galeri, produk jualan dipajang di rumah sendiri. Lewat konsep ini pengunjung yang datang pun lebih terkesan santai karena merasakan nuansa berbelanja yang "at home".


Kala itu juga, lebih banyak melayani pemesanan secara online. Dalam perjalanan waktu, seiring bertambahnya permintaan offline, Galeri eZtenun pun dibuka sebagai cabang baru di Jalan Soverdi. 


Galeri eZtenun Kupang

Galeri eZtenun Kupang

Galeri eZtenun Kupang

Produk Galeri eZtenun tak hanya diminati oleh pelanggan di dalam daerah dan wilayah nusantara. Namun juga telah dikirim hingga ke mancanegara: Australia, Jepang, Timor Leste, Singapura, dan Belanda. 

Galeri ini memakai sistem by order, dimana pembeli mesti memesan jahitan terlebih dahulu. Tetapi juga sudah ada stok yang dibuat walau masih terbatas. Tersedia juga layanan untuk sewa pakaian adat.

Galeri eZtenun Kupang

Galeri eZtenun Kupang

Di Galeri eZtenun tersedia lengkap aneka kain tenun dari wilayah-wilayah yang ada di NTT. Jadi, pengunjung seakan diajak berkeliling dari satu pulau ke pulau lain melihat keragaman motif tenun lokal. 


Apalagi galeri ini tidak memakai etalase kaca, sehingga pengalaman berbelanja pun tidak terasa dibatasi sekat. Kita seperti berada di swalayan, ambil sendiri tapi jangan lupa bayar sendiri-sendiri, hehe… 


Ada Booth Corner Foto Gratis 

Bila malam hari melintasi Jalan Soverdi galeri ini tampil mentereng dengan lampunya yang kuning keemasan. Seakan mengundang siapapun yang lewat untuk singgah terlebih dahulu. 


Di bagian teras terdapat sebuah meja dan sepasang kursi bambu. Tentu yang ingin bersantai bisa duduk sejenak sembari berdiskusi kecil tentang eksotisnya tenun Flobamorata.


Galeri eZtenun Kupang
Sudut foto gratis

Satu yang membuat Galeri eZtenun tak kalah menarik karena adanya sudut foto gratis. Booth corner ini terbuka bagi siapa saja yang ingin berfoto ria. Kita pun bebas memilih pakaian adat yang ingin dipakai.


Adapun tema latar dari booth corner akan diatur baru setiap bulan. Wah, istimewa sekali. Tentu jadi incaran kaum muda untuk koleksi foto profil. Apalagi anak-anak kuliah di Kota Kupang yang suka foto bernuansa estetik. Asalkan setelah diposting jangan lupa mention @ezte.tenun.ntt yah. 


Jadi, kapan nih kamu ke Galeri eZtenun di Jalan Soverdi? 


Galeri eZtenun Kupang

20 comments for "Galeri eZtenun, Outlet Tenun Khas Anak Muda di Jalan Soverdi Kupang"

  1. Wahhh bisa custom berarti yaaa, tapi kalau dilihat dari koleksinya yang sudah ada juga banyak sih yang bagus-bagus. Bisa jadi pilihan nih yang mau custom atau pesan untuk keperluan tertentu, terutama didaerah kupang NTT.

    ReplyDelete
  2. Mau lah kalau diajak dan cocok sikonnya hehehe :D Kain tenun khas anak muda yang ditampilkan di Galeri Aztenun Soverdi Kupang ini tampak cantik2 motifnya. Asyiknya, di sini ada tempat khusus buat foto2 ya. Oh, jadi bisa juga ya customer beli berdasarkan pesanan sesuai permintaan, mantap nih!

    ReplyDelete
  3. Beberapa waktu lalu suami saya dinas ke kupang dan membelikan saya kain tenun dan syal NTT. Cakep banget.. !!
    Senangnya ada Galeri eZtenun yang berkreasi menciptakan produk fashion tenun yang kekinian yang tentu bakal menarik minat anak muda dan siapa saja untuk mengenakannya

    ReplyDelete
  4. Kereen ya, inovasi yang dilakukan oleh Galeri eZtenun bisa jadi cara menarik minat anak muda lokal untuk akrab dan cinta dengan kain tenun daerah sendiri.
    Semoga semakin banyak anak muda yang menyenangi kain tenun daerahnya sendiri, yaa...

    ReplyDelete
  5. Warnanya cerah ceria, ya? BTW itu pakai pewarna alam semua atau ada yang pakai pewarna buatan? Kalau pewarna alam pasti harganya mihil.

    ReplyDelete
  6. lengkap banget boothnya untuk mencari berbagai macam kain hasil tenun yang ada di wilayah-wilayah yang ada di NTT. Pasti semuanya beragam dan cakep banget. Apalagi semuanya dibuat alami ya

    ReplyDelete
  7. Wah... saya selalu suka dengan kain tenun dr berbagai daerah di indonesia karena punya ciri khas masing2, tp harganya lumayan mehong bikin pake tangan soalnya

    ReplyDelete
  8. Koleksinya beragam sekali. Mungkin bisa dikasi tau klo pesan online dimana karena pengen beli tapi gk mungkin bisa datang langsung kesana

    ReplyDelete
  9. Aku selalu suka lihat kain tenun. Cantik-cantik dan bikin terpesona. Otw ke akun Instagram Galeri eZtenun deh.

    ReplyDelete
  10. suka banget sebenernya sama kain tenun, tapi kadang bingung makainya cuma sekali2 hihi ini kalau ada occasion, bisa cobain custom kali ya semoga bisa kirim online jg hihi

    ReplyDelete
  11. Aduh apa hanya saya saja yg belum punya kain tenun dari NTT? Padahal ternyata bagus sekali ya. Buat properti foto juga keren secara coraknya banyak pilihan

    ReplyDelete
  12. lihat foto kain tenun Kupang ini, jadi ingat waktu 2007 lalu sempat mampir ke Kupang dan diajak jalan-jalan ke toko-toko souvenir, sayangnya waktu itu karena bawa uang saku terbatas (maklum mahasiswa hihihih) jadinya cuma bisa beli tempat HP tenun gitu yang sampai sekarang masih saya pakai, suka sih dengan motifnya :)

    ReplyDelete
  13. Kain tenun nya cantik-cantiknya, motifnya juga begitu khas. Ternyata NTT juga menyimpan banyak cerita lain selain pulau komodonya

    ReplyDelete
  14. Wahh ternyata kain tenun asal NTT banyak juga motif yang cantik-cantik ya

    ReplyDelete
  15. Aduuuuh cantik-cantik banget kainnya. Motifnya khas banget ya di sana. Jadi naksir pengen beli euy. Cakep buat dress, tunik, kemeja atau sekedar sampiran di bahu. Bisa buat foto-foto cantik juga. Duh jadi pengen

    ReplyDelete
  16. Cantik cantik bangeet, tapi lihat kain tenun gini jadi keinget ibu mertua yang asli NTB. Beliau juga penenun, termasuk bulek dan budhe yang sama-sama penenun juga.

    ReplyDelete
  17. Wah kalau mau beli online via apanih? Marketplace atau punya web/ media sosialnya sendiri? Tapi seneng kalau ada galerinya, jadi wisatawan yang berkunjung ke Kupang bisa memastikan sendiri kualitas produknya dan melihat2 banyak koleksinya kainnya yaa.

    ReplyDelete
  18. Ikut bangga kalau ada karya nusantara yang sudah go internasional. Kain tenun ini wajib banget dilestarikan. Atau mungkin bisa menjadi salah satu pakaian yang sering kita gunakan juga. Dibanding fashion barat yang sering kita tiru, kenapa gak bikin fashion atau tren khas Indonesia yang bisa ditiru oleh negara lain?

    ReplyDelete
  19. Seneng lho ngeliat kain tenun sekarang bisa dibuat macam macam pakaian dengan model yang kekinian juga. Jadi anak-anak muda bisa terus melestarikan kain tenun dan bangga memakainya ya.

    ReplyDelete
  20. Kapan ya bisa singgah ke Galeri eZ tenun? Saya suka banget wastra nusantara, termasuk kain tenun ini. Saya belum punya juga sih. Sejauh ini hanya memandangi dan mengagumi.

    ReplyDelete