Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

IDN App: Bukan Sekadar Aplikasi tapi Rumah Inspirasi dan Kreasi

IDN App

Kamu bisa menggali inspirasi dan mengasah kreasi bersama IDN App

Sebagai kaum muda yang kritis dan kreatif pastinya kita ingin selalu mengikuti berita yang aktual dan populer. Namun, di era digital ini telah terjadi peralihan medium bacaan. Jika dulu orang tua kita membaca berita dari media cetak seperti koran, di era digital ini kita mulai beralih membaca berita lewat media aplikasi.

Nah, saya punya satu rekomendasi aplikasi berita yang cocok bagi kaum milenial dan Generasi Z, yakni IDN App. Lewat aplikasi IDN App kita dapat mengakses berita dari mana saja dan kapan saja. Selain sebagai aplikasi baca berita tetapi kita juga bisa menonton Live Streaming. Masih banyak benefit dan manfaat dari aplikasi ini. Apa saja yah? Mari simak  poin-poin berkesan selama saya memakai IDN App

1. Membaca Berita dalam Genggaman Tangan

Sejak awal bulan Mei saya mulai mengunduh aplikasi IDN App. Saya pribadi suka membaca berita, tapi belum pernah mencobanya dengan sebuah aplikasi.

Betapa saya senang akan pengalaman awal membaca berita di aplikasi IDN App. Hal pertama yang patut diacungi jempol ialah tampilannya yang bebas dari seliweran iklan. 

Biasanya media online kurang memperhatikan hal ini. Kita para pembaca pun sering terganggu karena banyaknya iklan yang bermunculan. Syukur bahwa IDN App tidak melakukan hal yang sama dan ini yang membuatnya istimewa. 

Bagi saya kekhasan dari IDN App ialah berita yang ditulis dalam bentuk listicle. Bagi saya, bentuk berita listicle membantu kita untuk cepat menangkap inti berita. 

Bentuk listicle juga lebih praktis untuk dibaca bagi kebanyakan kita yang mengonsumsi berita di layar smartphone. Cukup menyimak alinea pembuka dan sub-sub judul selanjutnya kita lebih menghemat waktu.

Nah, menariknya lagi terdapat microsite bertajuk 'Gen Z Memilih'. Alhasil, kaum milenial dan Gen Z Turut mendapat edukasi serta literasi soal politik dan Pemilu 2024. Kita juga bisa menyusuri berita terkait lewat tag terpopuler 'Gen Z Memilih dan 'pemilu 2024'. 

2. Memiliki Beragam Fitur Baca Artikel 

IDN Apps memiliki beragam fitur tambahan yang memudahkan para pembaca. 

  • Pertama yang saya sukai ialah adanya mode gelap (dark mode). Dengan fitur ini mata saya terasa lebih nyaman saat membaca banyak artikel di IDN App
  • Kedua, adanya fitur bookmark artikel sehingga bacaan bisa disimpan dan dibaca lagi. Ini memudahkan saya untuk menyimpan berita atau artikel yang menjadi referensi tulisan saya.
  • Ketiga, adanya topik spesifik dan histori baca. Dengan topik spesifik saya cukup mengetik kata kunci dari bacaan yang dicari, mala semua artikel terkait akan muncul. Dengan histori baca saya bisa melihat kembali riwayat bacaan yang sudah ditelusuri. Bila ingin membacanya kembali tinggal klik saja.
  • Keempat, bisa menonton film gratis. Rupanya selain bisa membaca berita, kita juga bisa menonton film gratis di IDN App. IDN App berkolaborasi dengan TrueID, sebuah platform nonton film gratis asal Thailand. Kita pun bisa menonton banyak serial, ada romansa hingga horor. Sungguh suatu aplikasi yang komplit, tak sebatas ruang informasi tapi juga menyajikan hiburan berkualitas.

3. Mengirim Tulisan, Memanen Cuan 

Bagi saya IDN App bukan sekadar aplikasi melainkan sebuah rumah inspirasi dan kreasi. Setelah mendapat banyak inspirasi dari bacaan artikel, kita bisa juga mengirimkan artikel karya sendiri. Setiap artikel yang terbit akan mendapat akumulasi poin yang bisa ditukarkan ke Rupiah. 

Tak butuh waktu lama saya pun mengirimkan karya pertama berupa puisi. Apalagi sudah tersedia laman penulisan yang fitur-fiturnya mudah dioperasikan. Berselang dua hari langsung diterbitkan, tepatnya tanggal 14 Mei 2023. Judulnya, Membuka Tirai Puisi.  

Saya terinspirasi dari salah seorang teman Commuters asal Bandung. Namanya Jihan Khoerunnisa. Ia telah menulis sejak tiga tahun lalu hingga mencapai 500 artikel. Pada April lalu ia terpilih sebagai Milenial of The Month Mei 2023. Ia pun mendapat bonus poin dan merchandise eksklusif. Belajar dari ketekunannya saya pun ingin giat menulis dan mengirim karya di media ini.  

Ada banyak event menarik bagi penulis di IDN Times. Event tersebut ada yang bulanan ada juga yang momentum. Kita bisa melihatnya pada kolom event di aplikasi IDN App atau di official akun Instagram @idntimes.community.

4. Menjadi Creator di Live Streaming 

Tak hanya membaca artikel inspiratif kita juga bisa menonton live streaming dari para Streamer di IDN Live. Adanya fitur IDN Live semakin menambah seru pengalaman kita dalam memakai aplikasi ini.  

Apalagi para Streamer akan mendapatkan apresiasi dari Audiens berupa Virtual Gift yang dapat ditukarkan dengan uang rupiah. Uniknya Virtual Gift tersebut sangat bernuansa Indonesia. Ada yang bergambar nasi goreng, sate, cendrawasih. Serunya lagi bisa di-minimize juga. Jadi kalau kita pindah menu atau keluar dari aplikasi, live streaming-nya akan tetap stay. 

Kita semua berkesempatan untuk berkreasi menjadi konten kreator di IDN Live. Kita bisa menayangkan aktivitas menarik sesuai minat pribadi dan para Audiens. Asalkan kita memperhatikan  syarat yang berlaku seperti, tidak mengundang provokasi, mengandung unsur SARA, pornografi, maupun ujaran kebencian.

Saya sendiri pernah mengikuti Live Streaming di IDN Live dan mendapat bonus 500 poin. Kok bisa? 

Jadi, waktu itu pada tanggal 15 Mei saya ikut 'Editor Talks' di IDN Live. Adapun pembahasannya tentang panduan menulis baru di IDN Times. Acara ini dipandu oleh dua editor, yakni Kak Izza Namira dan Kak Naufal Rahman. 

Dalam sesi tanya jawab, para editor menentukan tiga penanya terpilih. pertanyaan saya dipilih oleh editor. Salah satunya adalah saya. Alhasil bonus 500 poin langsung masuk ke akun saya. Sungguh suatu momen tak terlupakan dari IDN Live. 

5. Mengikuti IDN Times Community 

Poin terakhir ini adalah yang paling berkesan bagi saya ialah IDN Community. Bagi saya ini adalah suatu ekosistem yang bagus dalam mengembangkan kecakapan para penulis. Patut diapresiasi karena IDN Times hadir sebagai media yang mengayomi para penulisnya. 

Salah satu kegiatan yang keren dari forum ini adalah PERSAMI (Pelatihan Menulis Bersama IDN Times Community). Jadi ada ruang tatap muka antara editor dan penulis.  

Berbeda dari yang lain, kegiatan PERSAMI mengajak kita menulis sambil jalan-jalan. Setelah sukses diadakan di Surabaya, Makassar, dan Yogyakarta, baru-baru ini PERSAMI diadakan di Lombok, NTB. Saya pun berharap suatu saat nanti akan diadakan juga di kota saya Kupang, NTT. 

Betapa IDN App bukan sekadar aplikasi saja, melainkan sebuah rumah yang penuh dengan inspirasi dan kreasi bagi kita semua. Karena itu saatnya sekarang kamu mengunduh IDN Apps untuk berkreasi dan berbagi inspirasi. IDN App tersedia di Play Store dan App Store. 

Nah, yang terakhir ada bonus info menarik. Selain bisa mendapat cuan dari kirim artikel atau Live Streaming, kita juga bisa memperolehnya lewat program referral. Dengan menyelesaikan misi referral kita bisa meraih uang senilai 75 ribu rupiah, lho. Tunggu apalagi segera unduh IDN App dan masukkan kode referral saya yakni, yos-3z2r1ou


1 comment for "IDN App: Bukan Sekadar Aplikasi tapi Rumah Inspirasi dan Kreasi"