Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hutan Kolhua, Spot Camping di Kota Kupang

 

Hutan Kolhua Kupang
Camping telah menjadi bentuk healing andalan bagi anak muda. Di Kota Kupang terdapat satu spot camping yang menarik. Kamu patut mencobanya karena lokasinya ada di Hutan Kolhua. 

Camping di Hutan Kolhua memberi nuansa healing yang amat berkesan. Setelah penat dengan panas Kota Kupang, kita perlu merasakan hawa sejuk khas Hutan Kolhua. Kita juga akan menikmati sensasi segar saat mandi di Sungai Kolhua yang begitu jernih. 

Biar kamu makin tahu tentang camping di Hutan Kolhua, mari simak ulasan berikut ini. 

Hutan Kolhua Kupang

Lokasi Camping di Hutan Kolhua 

Hutan Kolhua mendapat julukan sebagai paru-paru Kota Kupang. Berbeda dengan kota yang mulai ditumbuhi gedung, di Kolhua akan kau jumpai pohon-pohon yang rimbun. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau ojek online.

Ada banyak jalur yang bisa kamu lintasi untuk menuju Kolhua. Bisa dari Jembatan Petuk, Jalan HTI Maulafa, Jalan Fetor Funay, Sikumana, Maupun Jalur 40. Pokoknya kalau sudah tiba di Jalan Fetor Funay, tinggal lurus saja hingga ujung aspal terakhir. 

Dari ujung aspal tersebut, tepatnya di Jalan Uibaha, kamu perlu berjalan kaki lagi menuju arena camping. Butuh waktu sekitar 10-15 menit. Kamu akan disuguhi panorama sawah dan pohon-pohon cemara.  

Alamat: Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT.

Hutan Kolhua Kupang

Daya Tarik Camping di Hutan Kolhua 

Ada banyak daya tarik selama berkemah di Hutan Kolhua. Pertama, hutan yang masih alami. Saking banyak pepohonan saat siang hari udara terasa sungguh sejuk. Apalagi menjelang sore sudah mulai dingin. 

Kedua, terdapat kolam alami nan segar. Tak jauh dari arena camping ada aliran Sungai Kolhua. Sepanjang baris sungai ini ada beberapa titik kolam alami. Salah satu yang terbaik adalah Kolam Ulihnunu. Kamu akan berdecak kagum melihat airnya yang begitu jernih hingga berwarna biru laguna. 

Ketiga, sawah yang berundak-undak. Nah, di Kota Kupang tak akan kamu jumpai sawah yang berundak, kecuali di Kolhua. Karena kontur lahan yang miring membuat bentuk sawahnya pun berundak-undak. Tentu ini menjadi pemandangan yang membedakan sawah di Kolhua dari wilayah lain di Kota Kupang. 

Hutan Kolhua Kupang

Tips dan Saran 

  • Tempat camping ini belum dibuka untuk umum. Sebaiknya kamu mesti meminta izin dari para warga setempat. 
  • Semenjak tempat ini mulai populer, sampah juga mulai bermunculan, khususnya di tepi sungai. Karena itu kita wajib membawa kembali sampah dan menjaga kebersihan selama berada di sini. 
  • Saat malam hari suhu udara terasa sangat dingin. Kamu mesti menyiapkan jaket dan selimut, ya. 

So, kapan nih kamu healing dengan camping di Hutan Kolhua? Tetap ingat jaga kelestarian dan kebersihan alam, ya. 


Post a Comment for "Hutan Kolhua, Spot Camping di Kota Kupang"