Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sambut HUT ke-78 RI, Komunitas Army NTT Bersihkan Pantai Subasuka

Army NTT bersihkan Pantai Subasuka Kupang

Dalam rangka menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia, Komunitas Army NTT melakukan pembersihan pantai. Kegiatan ini berlangsung di Pantai Subasuka, Kupang (13/08/23). 

Lily Lite mewakili komunitas, mengatakan pembersihan pantai ini sebagai wujud peduli lingkungan di sekitar. "Kami memaknai HUT ke-78 ini dengan melakukan pembersihan pantai agar semakin banyak orang yang peduli pada lingkungan" ungkapnya. 

Pada tahun sebelumnya Komunitas Army melakukan pembagian sembako bagi warga yang membutuhkan di sekitar TPA Alak. Kali ini selain untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan, kegiatan ini juga sebagai bentuk perayaan ulang tahun BTS dan Army pada bulan sebelumnya. 

Kegiatan pembersihan dimulai dari pukul dua siang. Walau terik matahari Komunitas Army dan para simpatisan terlihat semangat memungut sampah. Mereka memungut sampah di area pasir dan batu karang pantai.  



Pantai Subasuka sendiri menjadi salah satu spot wisata yang sering dikunjungi warga kota. Pantai ini populer dinamai Pantai Subasuka lebih karena letaknya berada di belakang kompleks bisnis Subasuka Kupang. 

Kebanyakan sampah di pesisir pantai berupa produk kemasan sisa makanan dan minuman yang ditinggalkan pengunjung. Kondisi sampah yang berserakan semakin diperparah karena tidak adanya tempat sampah di sekitar pantai. 


Pemungutan sampah berlangsung selama satu jam lebih. Adapun jumlah sampah yang terkumpul sebanyak 21 kantong kresek sedang. Selanjutnya sampah tersebut dibawa ke TPS yang agak jauh dari area Subasuka.  

Cristin Banusu, salah satu anggota Army NTT, mengaku senang terlibat dalam kegiatan ini. Menurutnya kegiatan pemungutan sampah amat positif dan banyak manfaatnya. "Kalau datang ke sini jangan lupa bawa pulang sampah plastik yang dibawa" pesan Cristin yang juga seorang mahasiswa Undana. 


Post a Comment for "Sambut HUT ke-78 RI, Komunitas Army NTT Bersihkan Pantai Subasuka"